468x60 Ads

Senin, 21 Mei 2012

Jaringan komputer

Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).[1] Tujuan dari jaringan komputer adalah[1]
Agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).[1] Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server).[1] Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.[1]
Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.[2]: Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.[2]


Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken.[3] Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama.[3] Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.[3]

Kemudian ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System).[4] Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan.[4] Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer.[4] Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.[4] Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik pada tahun 1969.[5] Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.[5] Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.[5] Dan pada tahun 1970 itu juga setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing).[3] Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer.[3] Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.[3]     



Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program surat elektonik (email) yang dibuatnya setahun yang lalu untuk ARPANET.[5] Program tersebut begitu mudah untuk digunakan, sehingga langsung menjadi populer.[5] Pada tahun yang sama yaitu tahun 1972, ikon at (@) juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”.[5] Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat.[5] Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet.[5] Pada tahun yang sama yaitu tahun 1973, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet).[5] Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.[5] Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.[5] Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.[5]
Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network) pada tahun 1979.[6] Tahun 1981, France Telecom menciptakan sesuatu hal yang baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelepon yang juga berhubungan dengan video link.[6]
Seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan.[6] Untuk itu, pada tahun 1982 dibentuk sebuah Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol (IP) yang kita kenal hingga saat ini.[6] Sementara itu, di Eropa muncul sebuah jaringan serupa yang dikenal dengan Europe Network (EUNET) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia.[6] Jaringan EUNET ini menyediakan jasa surat elektronik dan newsgroup USENET.[6]
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan Sistem Penamaan Domain atau domain name system, yang kini kita kenal dengan DNS.[5] Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.[5] Pada 1987, jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih[5]
Jaringan komputer terus berkembang pada tahun 1988, Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan (Chatting ).[6] Akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat.[6] tak kurang dari 100000 komputer membentuk sebuah jaringan.[6] Pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe penyunting dan penjelajah yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan.[6] Programe inilah yang disebut Waring Wera Wanua atau World Wide Web.[6]
Komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer pada tahun 1992.[5] Dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing (menjelajah).[5] Dan pada tahun 1994, situs-situs di internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya berbelanja melalui internet atau virtual-shopping atau e-retail muncul di situs.[5] Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.[5]

1 komentar:

claudiasitia mengatakan...

SITUS KAMI: WWW . GARNETQQ .

COM
BONUS SETIAP HARI :0.5% TO

SETIAP HARI JAM 12 PEMBAGIAN

BONUS NYA+referall 20% setiap

udang teman bermain tambah

20%+++

-CARA MASUK WEB
KE WWW . SMSQQ . COM LALU

MASUK DALAM PERMAIN
ATAU
LINK ALTERNATIVE ; garnetqq.com
silahkan di coba bosq :)
-CARA DAFTAR NEW MEMBER;
Nama :
No Telp :
Nama Bank :
Nama Rekening :
Nomor Rekening :
Email :
User Name :
Password :

-CONTOH DAFTAR
NAMA :SANTI WINATA
NO TLEPON : +85577773548
NAMA BANK : SANTI WINATA
NAMA REKENING: SANTI WINATA
NO REKENING : 123 456 777 912
EMAIL :SANTI

WINATA888@GMAIL.COM
USER NAME :SANTI WINATA45
PASSWORD :12314aaaa

-CARA DAFTAR CONTOH ;
NAMA; ASLINYA
NO TLP YG ASLI
NAMA BANK BLM DAFTAR

PERMAINAN KITA;
NAMA REKENING YG BENAR DI

BUKU BANK YG BELUM DAFTAR

PERMAINAN KAMI
NOMOR REKENING YG BELUM

DAFTAR PERMAINAN KAMI
EMAIL LENGKAP DAN YG BELUM

PERNAH DI DAFTARKAN

PERMAINAN KAMI
USER NAME YG BENAR DAFTAR

WARNA HIJAU
PASWORD HARUS BENAR
CHAND PASWORD PASWORD

HARUS SAMA

-CONTOH KESALAHAN MEMBER

SUSAH DAFTAR ;
1.SEASON EXPAYER=DAFTAR

HARUS CEPAT
2. KODE VALIDASI=KODE SALAH

NOMOR ULANG KEMBALI ,

KETIKNYA RESET KEMBALI
MASUK KODENYA
3. REKENING SUDAH

TERDAFTAR=CARA DAFTAR

REKING YG BELUM DAFTAR

PERMAIN
SITUS KAMI

-CARA DEPO/STOR DANA ;
MASUK WWW . SMSQQ . COM

PERMAINAN LALU LIAT BAGIAN

ATAS KIRI NAMANYA
STOR DANA
LALU KLIK AJA NOMINAL BOS

MAU KALAU BISA NO MINAL UNIK

YAH BOSKU
CONTOHNYA : 50123 ISI FORM

NYA 50123 JUGA YAH BOSKU BIAR

BANK ERROR BIAR
CEPET DI PROSES YAH BOSKU

PAKE NOMINAL UNIK SEPERTI ITU

YAH BOSKU^^
KALAU BANK ADA GANGGUAN

MINTA BUKTI TRASFER BIAR

CEPAT DI PROSES DEPO
MASUK YA BOSKU^^

-CARA WD /TARIK DANA ;
MASUK WWW . SMSQQ . COM

PERMAINAN LALU LIAT BAGIAN

ATAS KANAN NAMANYA
TARIK DANA
LALU KLIK AJA NOMINAL BOS

MAU DI TARIK CONTOHNYA :

DANA YANG DI TARIK
JADWAL BANK OFF LINE;
MANDIRI ; SENIN -JUMAT ; 22.45-

04.00 WIB
SABTU ;23.00-06.00 WIB
MINGGU ;23.00-05.00 WIB
DANAMON; SENIN-MINGGU TIDAK

ADA OFFLINE
BRI ; SENIN- MINGGU 22.20-04.30

WIB
BNI ; SENIN- MINGGU TIDAK ADA

OFFLINE
BCA ; SENIN-JUMAT ; 21.00-01.00

WIB
SABTU ; 22.00-23.15 WIB

- CARA REFERAL ;

silahkan bosq login terlebih dahulu

di akun nya bosq yha ..
setelah itu bosq bisa klik menu

Referensi yang ada di dalam akun

nya bosq yah ..
Lalu jika sudah di Klik akan

muncul Kode Refferal Anda (

Silahkan bosq isi sesuai dan
seunik mungkin untuk nama

refferal nya yha bosq )

Namun jika ada muncul keterangan

EXITS itu berarti kode tsb sudah

ada yang menggunakan
lebih dulu yha, jadi silahkan di

coba kembali sampai muncul

keterang OK yha bosq

Setelah itu jika kode refferal bosq

sudah selsai di buat maka akan

muncul URL untuk
mendaftarkan teman bosq
silahkan masukkan link yang

muncul ya bosq.

dan silahkan di sarankan teman

bosq pada saat ingin mendaftar

agar memasukkan kode
refferal bosq pada menu

pendaftaran nya yha bosq

Silahkan di coba yha bosq ^^.

- CARA DAPET BONUS REFERAL ;

BONUS REFERAL 20 %

jangan lupa ajak teman - temannya

untuk bermain di situs SMSQQ .

COM ya bos^^ karena
ada bonus Reff 20% yang berlaku

untuk selamanya bos^^
semakin banyak refferal nya dan

semakin aktive refferal nya maka

bonus yang akan bosq
dapatkan juga semakin besar bos^^

Posting Komentar