468x60 Ads

Rabu, 23 Mei 2012

SILABUS PROGRAM STUDI TEKNIK KOMPUTER

1
SILABUS
PROGRAM STUDI TEKNIK KOMPUTER
1. Teknik Dijital
Kredit: 3 SKS
Tujuan: Dalam  kuliah  ini,  mahasiswa  akan  mempelajari  semua  tahapan
perancangan  dan  implementasi  system  dijital.  Mahasiswa  akan
mempelajari  bagaimana  mengimplementasikan  rancangan  dengan
menggunakan  PLD  (Programmable  Logic  Devices).  Kuliah  ini  juga
melibatkan  beberapa  kegiatan  praktikum  di  laboratorium  untuk
melakukan  disain,  implementasi  dan  verifikasi  system  lojik  dijital.
Beberapa perangkat  lunak seperti Xilinx dan perangkat  lunak simulasi
untuk rangkaian digital akan digunakan.
Silabus  :  Pengenalan  gerbang  AND,  OR  dan  NOT;  Pengendalian  Lampu
dengan saklar-banyak, Logika kombinasional dengan Multiplexers dan
Decoder: rangkaian Full Adder, unit memory biner: SR latch, D dan JK
flip-flops: Ripple Counter, Register dan Counter: Universal Shift register,
Ring  counter  dan  BCD  counter,    VHDL,  disain,  simulasi  dan
implementasi sistem digital lengkap dengan menggunakan divais logika
terprogram (programmable logic devices).
Perangkat Lunak yang digunakan:
Xilinx  dan VHDL serta perangkat lunak simulasi untuk rangkaian digital.
Buku Ajar: M.Morris. Mano and C. R. Kime, Logic and Computer Design
Fundamentals, 3nd Ed. (International Ed.), Prentice-Hall, 2004.
Companion Website http://www.prenhall.com/mano
Referensi:
1.  Digital Design - M.Morris. Mano ,4nd Ed. (International Ed.), Prentice-Hall,
2007.
2.  Robert Dueck, Digital Design with CPLD Applications and VHDL,
Delmar/Thomson Learning
Prasyarat: tidak ada
2. Praktikum Teknik Digital
Kredit: 1SKS
Modul:  1: Aljabar Boolean dan Gerbang-Gerbang Logika Dasar  , 2: Decoder,
Encoder, Multiplexer,  dan  Demultiplexer,  3  :  Aritmatika  Digital  (Half
Adder,  Full  Adder,  dan  Comparator),   4:  Flip-Flop  dan  Counter,  5:
Register dan Operasi Serial/Pararel
Prasyarat: sedang/telah mengambil mata kuliah Teknik Dijital2
3. Dasar Teknik Komputer
Kredit: 3 SKS
Tujuan:  Agar mahasiswa mengetahui  dasar-dasar  arsitektur  komputer  baik
hardware maupun software dan mampu melakukan penanganan seputar
pengoperasian dan permasalahan pada perangkat komputer. Selain itu,
mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar pemrograman dan algoritma
untuk memecahkan permasalahan sederhana.
Silabus:  Pendahuluan:  Prosedur  keselamatan  dalam  laboratorium  dan
penggunaan  perangkat,  perakitan  komputer,  dasar  perawatan
pencegahan (Preventive Maintenance) dan pelacakan kesalahan, dasar-
dasar  sistem  operasi,  dasar-dasar  perangkat  portable/laptop,  dasar-
dasar printer  dan scanner, dasar-dasar jaringan komputer dan internet,
dasar-dasar  keamanan  jaringan,  kemampuan  berkomunikasi,
pengetahuan  komputer  lanjut,  pengetahuan  sistem  operasi  lanjut,
pengetahuan  tentang  perangkat  portable/laptop  lanjut,  pengetahuan
tentang  printer  dan  scanner  lanjut.  Dasar-dasar  pemrograman  dan
algoritma.
Referensi :
1.  IT Essentials: PC Hardware and Software - Cisco Networking Academy
2.  Deitel & Deitel, ”C How to Program”,  5th edition, Pearson International
       Edition, 2007
3.  Robert Kruse, C.L. Tondo, Bruce Leung, ”Data Structure and Program
       Design in C”, 2nd
 edition,  Prentice Hall 1997
Prasyarat: tidak ada
4.  Praktikum Dasar Teknik Komputer
Kredit: 1 SKS
Modul : Pengalaman  terhadap  konsep-konsep  dasar  Teknik  Komputer,
memahami  prinsip  dasar  arsitektur  komputer, mengenal  komponen-
komponen  standar  dalam  perakitan  komputer,  I/O  dan  dasar
pemrograman.
Prasyarat: telah/sedang mengambil mata kuliah Dasar Teknik Komputer
5. Perancangan Sistim Dijital
Kredit: 3 SKS
Tujuan:  Agar  mahasiswa  mengetahui  prinsip  perancangan  sistim  dijital,
memahami  fungsi komponen-komponen dijital dan mampu merancang
sistim dijital untuk menyelesaikan permasalahan.
Silabus:  Konsep  dijital  dan  sistem  angka,  aljabar  boolean  dan  pengertian
switching,  logika  kombinasional,  analisis  dan  disain  logika
kombinasional,  encoders  dan  multiplexers,  flip-flops,  pencacah
sederhana  dan  registers,  pengenalan  rangkaian  sekuensial,  disain
rangkaian  sekuensial,  merger  graph.  Kompatibilitas  maksimum,
pengalokasian state, grafik implikasi,  map-entered variables, rangkaian3
kombinasional  lojik  gabungan,  fungsi  dengan  keluaran  banyak,
rangkaian sekuensial asinkron.
Referensi:
1.  J.F. Wakerly, "Digital Design, Principles & Practices", Prentice Hall, 1997
2.  John  Yarbrough,  “Digital  Logic  –  Applications  and  Design”,  PWS
Publishing Company, 1997
Prasyarat: telah mengambil mata kuliah Teknik Digital
6. Dasar Jaringan Komputer
Kredit: 4 SKS
Tujuan: agar mahasiswa memahami konsep-konsep dasar  jaringan komputer,
mampu mengkonfigurasi  dan menginstalasi  jaringan  komputer,  serta
memiliki pengalaman dalam menangani berbagai permasalahan pada
jaringan komputer.
Silabus: Dasar  jaringan, model  protokol  jaringan  komputer  (OSI &  TCP/IP),
merancang  pengalokasian  alamat  jaringan  dan  menerapkan  subnet
mask,  teknologi  ethernet,  perangkat  jaringan:  switch &  router,  dasar-
dasar  pengkabelan  dan media  jaringan,   protokol TCP/IP  dan  dasar-
dasar routing, konsep variable-length subnet masking (VLSM)/ classless
inter  domain  routing  (CIDR),  lapisan  transport  dan  layanan  aplikasi
jaringan  serta  QoS.  Konfigurasi  router  dan  interface-nya,  konfigurasi
protokol routing. Protokol routing distance vector: RIPv1, RIPv2. Skema
pengalamatan IP classless. Protokol routing EIGRP, protokol link-state:
OSPF.  Permasalahan  para  protokol  routing: routing  loop,  summary
address, dan autonomous systems.
Referensi:
1.   “CISCO Networking Academy Program: Network Fundamentals, CCNA-
Exploration 1, ver 4, http://cisco.netacad.net
2.  “CISCO Networking Academy Program: Routing Protocols and Concepts,
CCNA- Exploration 2, ver 4, http://cisco.netacad.net
3.  A. Tanenbaum, “Computer Networks”, Prentice Hall, Fourth Eds, 2003
Praktikum: Kegiatan praktikum bersifat terpadu dengan perkuliahan dengan
menggunakan modul-modul pada materi Cisco Networking Academy-
Exploration 1 & Exploration 2.
Perangkat lunak: Packet Tracer, Wireshark, Apache Web Server
7. Organisasi dan Arsitektur Komputer
Kredit: 3 SKS
Tujuan: Agar mahasiswa memahami konsep arsitektur komputer dan menguasai
teknik-teknik  dasar  pengorganisasian  sumber  daya  komputer  dan
komponen yang terkait.
Silabus: Konsep arsitektu komputer, perintah CPU, efek dari clock, organisasi
prosesor, organisasi komputer, eksekusi perintah, interrupts, organisasi
sistem memory,  isu  terkait cache memory, pemetaan cache memory,4
aritmatika  komputer,  perangkat  I/O.  Pipelining  dan  konflik,  arsitektur
RISC, pipelining RISC. Peningkatan kinerja komputer
Referensi:
1.  Logic and Computer Design Fundamentals, M. Morris Manno and Charles
R. Kime – Prentice Hall 2000
2.  Computer Organization and Architecture, William Stallings – Seventh
Editions, Prentice Hall, 2006
Prasyarat: tidak ada
8. Sistem Operasi
Kredit: 3 SKS
Tujuan  :  Mahasiswa  akan  mempelajari  tentang  kegunaan  dan  prinsip
perancangan sistim operasi modern, khususnya yang berkaitan dengan
sifat konkurensi proses/thread, tatacara penjadwalan proses/thread dan
pengelolaan sumberdaya.
Silabus  :  Fungsi  sistim  operasi,  komponen  utama  sistim  operasi,  interrupt,
prinsip  perancangan  sistim  operasi,  pengertian  proses  dan  threads,
pengertian  keamanan  (security),  prinsip  antarmuka  pemakai  dan
program aplikasi  (API), sifat konkuren, keuntungan pelaksanaan sistim
konkuren,  konsep  mutual  exclusion.  Model  dan  mekanismenya  :
deadlock,  semaphores,  monitors,  condition  variables,  rendevouz.
Producer-consumer problems dan sinkronisasinya. Issue multiprosesor.
Penjadwalan preemptive dan non-preemptive, kebijakan penjadwalan,
proses  dan  thread,  deadlines  dan   real-time.  Memory  dan
pengelolaannya.  Overlay,  swapping  dan  partisi.   Placement  and
replacement policy. Thrasing. Caching. Pengelolaan peralatan (device
management-optional).
Buku Ajar :
1. William Stallings, “Operating Systems: Internal Design Principles”,
Prentice Hall International, Fourth Edition   2004
2. Tanenbaum, “Operating Systems: Design and Implementation”, Prentice
Hall, Third Edition, 2006.
9. Struktur Diskrit
Kredit:  2 SKS
Tujuan:  Agar mahasiswa memahami prinsip-prinsip dasar matematis struktur
diskrit  dan mampu menggunakan  pengetahuannya untuk memahami
teknik-teknik  komputasi  modern  dan  membangun  dasar-dasar
kemampuan menganalisis permasalahan  dalam  teknik  komputer  dan
mengembangkan penyelesaiannya.
Silabus: Dasar  notasi matematis  dari  himpunan(set),  relasi, dan  fungsi, dan
operasi yang melibatkan  lojik dan peranannya. Logika proposisi,  tabel
kebenaran,  isu  ekivalensi,  dan  batasan-batasannya.  Predicate  logic,5
relevansi dengan  konteks  teknik komputer,  teknik pembuktian  (proof).
Inferensi,  Induksi  matematis,  rekursi,  kebenaran  program,  analisis
algoritma: Big-O, Big-Theta. Konsep matematis terhadap graphs, trees;
kombinatorik, dan probabilitas diskrit.
Referensi:
1.  Kenneth H. Rosen, Discrete Mathematics and Its Applications, ed. 6, Mc.
Graw-Hill, 2007
2.  Richard Johnsonbaugh, Discrete Mathematic,, Ed. 7, Pearson Int. Ed.,
Prentice-Hall, NJ, 2009
10. Perancangan & Manajemen Jaringan Komputer
Kredit: 4 SKS
Tujuan:  agar  mahasiswa  memahami  konsep-konsep  perancangan  jaringan
komputer  baik  LAN  maupun  WAN,  mampu  mengkonfigurasi  dan
menginstalasi  jaringan  komputer  untuk  skala  korporat,  serta memiliki
pengalaman dalam menangani berbagai permasalahan pada  jaringan
komputer termasuk manajemennya.
Silabus: Penelusuran kesalahan jaringan pada layer 1,2,3 dan 7 menggunakan
pendekatan model OSI/TCPIP, interpretasi diagram jaringan (fisik/lojik),
konfigurasi  switch:  dasar, manajemen  remote  access, port  security.
Konfigurasi dan verifikasi VLAN,  interVLAN  routing,  VTP, trunking dan
operasi RSTP. Mengelola  file  konfigurasi  IOS.  Identifikasi  parameter
dasar jaringan komputer nirkabel (WLAN), konfigurasi Access Point dan
Access  Router   serta  permasalahan  implementasinya.
Aplikasi  Voice  over  IP  dan Video  over  IP  pada  jaringan  komputer.
Konfigurasi operasi DHCP dan DNS pada router. Verifikasi, pengawasan
dan  penelusuran  kesalahan  pada  jaringan  komputer.  Perancangan
policy jaringan dan access control list. Konfigurasi dan verifikasi koneksi
WAN serial, PPP dan Frame Relay. Permasalahan pada implementasi
WAN, VPN, konsep firewall/DMZ, dan dasar-dasar keamanan jaringan.
Prasyarat: Dasar Jaringan Komputer
Praktikum:  Kegiatan  praktikum  bersifat  terpadu  dengan  perkuliahan  dengan
menggunakan modul-modul pada materi Cisco Networking Academy-
Exploration 3 & Exploration 4.
Proyek: Perancangan jaringan komputer pada suatu organisasi perusahaan
Referensi:
1.  “CISCO  Networking  Academy  Program:  LAN  Switching  and Wireless,
CCNA- Exploration 3, ver 4, http://cisco.netacad.net
2.  “CISCO  Networking  Academy  Program:  Accessing  the WAN,  CCNA-
Exploration 4, ver 4, http://cisco.netacad.net
3.  James D. McCabe, Network Analysis, Architecture and Design, ed.2 ,
Morgan Kaufmann, 20036
11. Pemrograman Berorientasi Objek (3 sks)
Kredit: 3 SKS
Tujuan: Agar mahasiswa menguasai teknik pemrograman berorientasi objek dan
mampu  mengembangkan  aplikasi  kompleks  dengan  pendekatan
orientasi  objek  serta menerapkannya  dengan menggunakan  bahasa
pemrograman Java.
Syllabus: Konsep pemrograman berorientasi objek, analisis berorientasi objek
dan  teknik  disainnya.  Incremental  programming,  type-safety,
polymorphism, encapsulation, dan set-based abstraction. Menerapkan
konsep melalui  berbagai  proyek pemrograman  dengan menggunakan
bahasa  pemrograman  Java.  Memahami  disain  dan  pemrograman
berbasis  java  berikut  bidang  lingkupnya  meliputi:  API  (Application
Programming  Interface), Java standard API, GUI  related API  (awt dan
swing), pemrograman multithread, collection dan penanganan I/O.
Buku Ajar: Harvey & Paul Deitel, Java How to Program, Ed. 7, Prentice Hall Inc,
2007
Referensi:
1.  Fundamentals of Java Programming, sponsorred Curriculum by Sun
Microsystems and Cisco Networking Academy
2.  The Java 2 API Docummentation, Sun Microsystems
Prasyarat: Pengantar Teknik Komputer
12.  Mikroprosesor (4 sks)
Kredit: 4 SKS
Tujuan  :  Agar  mahasiswa  memahami  dasar-dasar  mikroprosesor,  serta
arsitekturnya,  memahami  dan  mengerti  instruksi   bahasa  assembly.
Memahami dan dapat menggunakan antarmuka peripheral untuk aplikasi
mikroprosesor.
Silabus  :  Dasar-dasar  mikroprosesor,   arsitektur  mikroprosesor,  instruksi
assembly  dan  bahasa  pemrograman,  pemrograman  mikroprosesor,
antarmuka  peripheral,  antarmuka  mikroprosesor,  programmable
peripheral  interface  (8255),  programmable  interrupt  controller  (8259),
antarmuka  komunikasi,  mengembangkan  projek  sederhana  (BCD  ke
seven  segmen,  antarmuka  keyboard,  dll).  Merancang  dengan  PIC
microcontroller, konsep dasar dari rancangan sistem embedded.
Referensi:
1.  The Intel Microprocessors 8086/88,80186/188,80286,80386,80486,Pentium
and Pentium Pro Processor Architecture : Programming & Interfacing, Barry
B Brey, 7th
 Eds., Prentice Hall 2005
2.  Design with PIC Microcontroller, John B. Peatman, Prentice Hall, 1997,
ASIN: 0137592590.
3.  Designing Embedded Hardware, John Catsoulis, O'Reilly, 2003, ISBN: 0-
595-00362-57
13. Praktikum Mikroprosesor
Kredit: 1 SKS
Tujuan:
Agar  mahasiswa  dapat  meningkatkan  pemahaman  terhadap  materi
kuliah Mikroprosesor.
Modul: Pengenalan pada Mikroprosesor dan  instruksi pengalamatan,  Instruksi
Logika dan Aritmatika, Instruksi pengendalian, subrutin dan interupsi. I/O
interfacing. Microcontroller.
Referensi : Buku Panduan Mikroprosesor Laboratorium Dijital 2007
14. Sistem Basis Data
Kredit: 3 SKS
Tujuan: Agar mahasiswa memahami  konsep  dasar  perancangan basis data,
mampu  melakukan  perancangan  basis  data,  menguasai  konsep
pencarian  dan  information  retrieval,  serta  mampu  menerapkan
pengetahuannya  untuk mengembangkan aplikasi  yang menggunakan
basis data.
Silabus: Pemodelan basis data relasional: aljabar relasional, kalkulus relasional,
diagram  relasi entitas dan teknik normalisasi  tabel. Perancangan basis
data logikal dan basis data  fisik. Integritas referensial, SQL, keamanan
data dan pemrograman event driven.  Prinsip tersebut akan diterapkan
dengan menggunakan aplikasi DBMS.
Dasar-dasar  SQL  (database dan  pembentukan  table, manipulasi  data,  dan
retrieval),  SQL  lanjut  (joins  aggregation, functions, sub-queries dan
views, indexes). Integritas referensial, transaksi data, object locking, dan
isu sinkronisasi.  Administrasi data dan basis data  (DBMS), keamanan
pada  basis  data. Pemodelan  data  berorientasi objek,  pengembangan
basis  data  berorientasi  objek  dan  XML.  Studi  kasus menggunakan
bahas  pemrograman  java,  JDBC  dan SQL-DBMS  (DB2, Oracle  atau
PostgreSQL).
Praktikum: Mengerjakan tugas basis data dalam kelompok dan menyelesaikan
projek akhir aplikasi basis data berbasis web
Prasyarat: Struktur Diskrit dan Pemrograman Berorientasi Objek
Referensi:
1.  Avi Silberschatz et al, Database System Concepts, Fifth Edition, McGraw-
Hill, 2005
2.  Hoffer, Prescott & McFadden, Modern Database Management (7th ed.),
Prentice-Hall, 20058
15.  Rekayasa Perangkat Lunak
Kredit: 3 SKS
Tujuan:  Agar  mahasiswa  mampu  menjelaskan  dan  menerapkan  berbagai
konsep  dalam  rekayasa  perangkat  lunak, menjangkau  seluruh  aspek
dalam  proses  rekayasa  perangkat  lunak,  mampu  mengidentifikasi,
mendefinisikan dan  memanfaatkan  dengan  benar  terminologi  umum
dalam  rekayasa  perangkat  lunak,  dan  memiliki  pengalaman  untuk
bekerja  sebagai  anggota  dalam  suatu  tim  rekayasa  perangkat  lunak
serta menerapkan koordinasi dan interaksi antar anggota menggunakan
teknik rekayasa perangkat lunak.
Silabus: Proses Software: Kebutuhan rekayasa perangkat lunak, model proses
software meliputi  pendekatan  waterfall,  prototipe,  pengembangan
incremental dan evolusioner serta alternatif lainnya. Manajemen proyek:
penjadwalan,  estimasi  biaya,  manajemen  konfigurasi,  penggunaan
metrik. Requirements Engineering dan disain software: analisis, definisi
dan spesifikasi, disain untuk reusability, adaptability dan maintainability,
analisis berorientasi objek dan disain menggunakan Unified Modelling
Language (UML), arsitektur software. Implementasi: bergerak dari disain
ke  pengkodean,  metode  verifikasi,  rencana  pengujian,  proses
pengujian/testing.
Referensi:
1.  Software Engineering 6th Ed, Ian Sommerville, Addison Wesley, 2000
2.  Software Engineering: a Practitioner's Approach 5th ed., Roger Pressman,
McGraw-Hill, 2000
16. Jaringan pita lebar
Kredit: 3 SKS
Tujuan  :  Berkembangnya  berbagai  jenis  layanan  akses  informasi  jenis
multimedia menyebabkan meningkatnya  tuntutan adanya  jaringan pita
lebar. Kuliah  ini mengajak para mahasiswa untuk mendalami berbagai
issue yang  terkait dengan berkembangnya  jenis  layanan  jaringan pita
lebar, berbagai  jenis  teknologi dan protokol  jaringan pita  lebar,  teknik
pengelolaan  sumberdaya  jaringan  untuk mendukung  penerapan QoS
dan contoh terkini dan gambaran jaringan pita lebar masa depan.
Silabus  :  Tinjau  ulang  tentang  teknologi  jaringan  terdahulu  :  circuit  switch,
packet  switch  dan  teknologi  jaringan masa  kini  (Internet). Pengertian
signalling  pada  jaringan masa  lalu.  Jenis  layanan multimedia waktu
nyata  (real  time) maupun  jenis  layanan  yang  sensitif  terhadap  delay,
persyaratan  QoS  (Quality  of  Service)  dari  trafik,  teknologi/protokol
pendukung QoS  seperti  ATM,  IntServ, DiffServ, MPLS  dan GMPLS.
Beberapa  jenis  teknologi akses pita  lebar baik dengan  kabel  ataupun
nirkabel, WiFY, WiMAX,  HSPDA, FTTH. Jaringan Metro Ethernet. Next
Generation Networks.9
Buku Ajar :
1.  Haojin Wang, “Packet Broadband Networks Handbook” Mc Graw Hill, 2003
2.  Berhard H Walke, Stefan Mangold, Lars Bertemann, “ IEEE 802 Wireless
Systems”, Wiley 2006.
17.  Keamanan Jaringan
Kredit: 3 SKS
Tujuan: Agar mahasiswa memahami konsep-konsep dasar keamanan informasi
dan  jaringan,  serta  mampu  menerapkan  sistem  keamanan  jaringan
terhadap suatu infrastruktur informasi.
Silabus:  Pengantar  keamanan  jaringan;  konsep  keamanan  dasar,  ancaman,
kelemahan dan serangan, kriptografi, sistem kripto dengan public key
dan digital signature, keamanan jaringan IP, SSL dan TLS,  autentikasi,
email  dan  keamanan  web,  policy,  Intrusion  detection dan recovery,
virtual private networks, firewalls, keamanan sistem operasi (Windows &
UNIX), keamanan jaringan komputer nirkabel.
Referensi:
1.  William Stallings, “Network Security Essentials: Application and
Standards” , Prentice Hall. 2000
2.  John E.Canavan, “ Fundamental of Network Security,  Artech House,
2001
3.  Simon Garfinkel and Gene Spafford , “Practical UNIX and Internet
Security”, O’Reilly & Assoc.Inc., 1996
18. Sistem Embedded
Kredit: 2 SKS
Tujuan:Agar mahasiswa memahami konsep pengembangan sistem embedded,
melakukan  hardware  interfacing dan  mampu mengimplementasikan
aplikasi  pada  sistem  embedded  dengan  menggunakan  bahasa
pemrograman assembly, C maupun bahasa pemrograman lainnya.
Silabus:  Hardware: overview  of   µControllers, µControllers  Hardware
Specification, memory vs. I/O, subsystem decoding, static RAM/EPROM
interfacing, memory management, input/output interfacing, device driver
development, hardware Interrupts, FPM DRAM  Introduction, debugging
techniques.
Software: addressing modes, data movement  instructions, arithmetic &
logic  instruction  stack  operation, program  flow  control  instructions
(Call/Jump) , programming  for  embedded  systems  (paradigm
development  tools), accessing  I/O  (assembly), accessing  memory
(assembly), testing, software  interrupts, real-time concepts, debugging
techniques.10
Reference:
1.  Jane Liu, “Real-time Systems” , Prentice Hall, 2000.
2.  Phillip A. Laplante, “Real-Time Systems Design and Analysis – An
Engineer’s Handbook”, Second Edition by, IEEE Press, 1997.
19.  Interaksi Manusia dan Komputer
Kredit: 3 SKS
Tujuan:  Agar mahasiswa memiliki menguasai konsep interaksi manusia dengan
perangkat lunak komputer serta kaitannya dengan  ilmu dasar psikologi
dan interaksi sosial. Mahasiswa diharapkan mampu melakukan evaluasi
terhadap  kemampuan  interpretasi manusia  serta  kaitannya  dengan
perbedaan  budaya  serta  mampu  mengembangkan  aplikasi  yang
memperhatikan perbedaan maupun sifat manusia itu sendiri.
Silabus: Sifat dari Interaksi – Manusia dan Mesin, Disain interaksi, Model dalam
interaksi  manusia  dan  komputer  (Sejarah  &  Paradigma),  prinsip
usabilitas, Disain berpusat pada penggun: kemampuan manusia, model
kognitif: GOMS  & metode  kontekstual,  evaluasi  interpretatif,  proses
dalam  disain  interaksi:  disain  model  Lifecycle,  User  Needs  and
Requirements,  analisis  data  dan  task, disain  grafis,  software  User
Interface,  Pen  &  PDA, penanganan  kesalahan/error, Speech, CSCW,
komputasi pervasive, UI Agents.
Proyek:  Disain HCI dalam tim
Buku Ajar: Steven Heim, The Resonant Interface: HCI Foundations for
Interaction Design, 2007.
Referensi:
1.  Interaction Design: beyond human-computer interaction by J. Peerce, Y.
Rogers, and H. Sharp, 2007
2.  Designing the user interface: Strategies for effective human-computer
interaction, Ben Shneiderman, and Catherine Plaisant, 2005.
20. PENGOLAHAN CITRA
Kredit: 3 SKS
Tujuan: Agar  mahasiswa  mengetahui  dasar-dasar  digital  image  processing
termasuk  akuisisi  citra  (image  acquisition),  persepsi,  transformasi,
kompresi, perbaikan (enhancement), interpolasi, restorasi, analisis, dsb.
Selain  itu mampu menggunakan MATLAB  untuk melakukan  simulasi
pengolahan citra  tingkat dasar dan  familiar dengan  fungsi-fungsi yang
terdapat pada MATLAB image processing toolbox.
Silabus:Pengenalan,  visual  dan  citra  digital,  transformasi  citra,  representasi
warna,  perbaikan  citra  (domain  spasial),  perbaikan  citra  (domain
frekuensi),  konvolusi  dan  korelasi,  segmentasi  citra,  fitur  ciri  obyek,
kompresi  citra,  pengenalan  pola,  restorasi  citra,  morfologi  citra,
transformasi Wavelet.11
Buku Ajar:
1.  R.C. Gonzalez  and R.E. Woods,  “Digital  Image  Processing”,  2nd  Ed.,
Prentice-Hall, 2002
2.  R.C. Gonzalez, R.E. Woods, and S.L. Eddins, “Digital Image Processing
using MATLAB”, Prentice-Hall, 2004
21. Rekayasa & Kewirausahaan
Kredit: 2 SKS
Tujuan: Agar mahasiswa memahami prinsip-prinsip dasar kewirausahaan dan
memiliki kemampuan untuk melakukan perencanaan bisnis dan strategi
pemasaran serta analisis proyek yang diperlukan untuk membawa  ide
produknya ke pasar.
Silabus:  Membahas  konsep  dasar  pemasaran,  organisasi  usaha/bisnis,
management  accounting,  business  finance,  dan  analisis  feasibilitas
finansial terhadap ventura bisnis baru maupun terhadap proposal proyek
baru  pada  perusahaan  yang  sudah  mapan;  melakukan  apresiasi
terhadap  financial  risks dan rewards; strategi  investasi pada  ventura
baru;  strategi  entrepreneurial ,  proses  pengembangan  ventura,
membawa produk dari ide ke pasar dan operasinya; perencanaan bisnis,
implementasi,  operasi  dan  parameter  keberhasilan,  business  plans,
organisasi, budgets, proses dan metode accounting, sistem modal dan
hutang, analisis bisnis.
Referensi: Kuliah akan diisi praktisi wirausaha yang berpengalaman dan sukses
22. Manajemen Proyek Teknologi Informasi
Kredit: 3 SKS
Tujuan: Agar mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen pada
suatu proyek dengan konteks Teknologi Informasi.
Silabus: Pengenalan terhadap prinsip-prinsip, perangkat dan teknik manajemen
proyek  dalam  konteks Teknologi  Informasi. Material  konseptual  yang
disampaikan dalam kuliah diperkaya oleh aplikasi praktis sesuai dengan
konteks  sebuah  proyek  pengembangan  perangkat  lunak.  Proyek
tersebut  akan  didefinisikan  terhadap  seperangkat model  proses  dan
melewati  berbagai  tahap  evaluasi  yang  akan  dianalisis  dan
dikembangkan dapat kerangka kerja yang nyata sesuai dengan waktu,
biaya dan pengeluaran terhadap sumber daya yang ada.
Referensi:
1.  Schwalbe,  K.  2004.  Information  Technology Project Management.  3rd
Edition. Course Technology., 2004.
2.  Humphrey, W.S.  Introduction  to  the  Team  Software  Process,  Addison
Wesley 2000.
3.  Tavani,  Herman  T.  Ethics  &  Technology:  Ethical  Issues  in  an  Age  of
Information and Communication Technology. John Wiley & Sons, 2004.12
23. Isu Profesional di Teknologi  Informasi
Kredit: 3 SKS
Tujuan: Agar mahasiswa memiliki  pemahaman  tentang  profesionalisme  dan
etika  profesi  di  bidang Teknologi  Informasi  sehingga mampu  bekerja
dalam  lingkungan  yang profesional dan memiliki  kepedulian  terhadap
jaminan kualitas, reliabilitas dan berwawasan lingkungan.
Silabus: Permasalahan  etika  dalam  pengambilan  keputusan. Masyarakat
profesional dan  tata  laksana  serta perilakunya. Studi  kasus  terhadap:
tahapan  untuk  menyelesaikan  suatu  permasalahan  dalam  kondisi
tertentu.  Mempersiapkan  kebijakan,  strategi  untuk  mencegah
terulangnya suatu kejadian. Pengenalan  terhadap studi kasus crawling
eye, hukum formal yang tidak mendukung etika, karir lulusan pada abad
ke 21, dunia kerja, membangun  landasan bagi masa depan karir yang
sukses,  concurrent  engineering, group  working  dan  distributed
enterprises, hukum  peraturan  dan  kontrak  kerja,  sistem  keamanan
kritikal dan pertanggungjawaban hukumnya, pengenalah terhadap studi
kasus  robot pembunuh, pandangan bisnis  terhadap kontrak, HAKI dan
hak  cipta,  paten,  penyalahgunaan  komputer,  penipuan  berbantuan
komputer dan peraturannya di  Indonesia, proteksi data, peraturan dan
implikasinya  berikut  studi  kasus,  isu  keselamatan  dan  kesehatan,
keamanan  transmisi data, pembuktian dengan  komputer,  kendali dan
penjaminan  mutu,  audit  dan  auditor  perusahaan,  reliabilitas  dan
perawatan,  isu  terkait  dengan  lingkungan,  risk  assessment,  serta
hubungan dengan industri.
 Referensi:
1.  Ayres R., The Essence of Professional Issues in Computing, Prentice Hall
1999
2.  Dejoie, R. et al., Ethical  Issues  in  Information Systems, Boyd & Fraser
1991
3.  Bott  F  et  al, Professional  Issues  in Software Engineering,  3rd Edition,
Pitman 2000, UCL 1995
4. Deboraj G Johnson & Helen Nissenbaum,” Computers, Ethics & Social
Values“, Prentice Hall, 1995.
24. Teknologi Web dan Multimedia
Kredit: 2 SKS
Tujuan: Agar mahasiswa memperoleh keahlian dalam mengembangkan aplikasi
berbasis web menggunakan  HTML/XML, mampu menyusus skrip pada
server  maupun  klien, mampu mengelola  sebuah  situs  web, mampu
membangun suatu situs web, mampu melakukan disain grafis terhadap
gambar dengan menggunakan  Image-Editing  tools, mampu melakukan
pengolahan  dan  tranformasi  informasi  audio  &  video  menggunakan
perangkat  lunak,  membuat  dan  mempublikasikan  CD/DVD  ROM13
multimedia  menggunakan  authoring  tool,  mampu  memanfaatkan
teknologi Open  Source, dan melakukan penyesuaian perangkat  lunak
tersebut terhadap kebutuhan lokal.
Silabus: Mengelola situs web  yang mampu  berkembang  sendiri,   mengelola
portal web  yang memiliki  fitur  lengkap,  teknologi web: HTML/DHTML,
XML, Web Scripting (Java Script, VB Script), perangkat lunak Multimedia
dan Authoring, perangkat  lunak berbasis Open Source: OSS, FLOSS,
GNU,  FSF,  OSI, W3C,  Linux,  Mozilla web  browser, Apache server,
MySQL,  Postgres,  Pango,  Open  Office,  Tomcat,  PHP,  Phython,
Membuat  dan  mengolah  gambar  grafis,  menangkap  dan  mengolah
Audio dan Video menggunakan perangkat  lunak  dan perangkat keras
tertentu,  mengintegrasikan  gambar  dan  video  dalam  suatu  materi
presentasi.
Proyek: Disain aplikasi web dalam tim
25. Perancangan VLSI + P
Kredit: 4 SKS
Tujuan: Agar mahasiswa mampu merancang suatu rangkaian terpadu berbasis
teknologi  CMOS  untuk menghasilkan  suatu  sistem/fungsi  komputasi
tertentu.
Silabus:  Dasar-dasar  rangkaian  MOS,  transistor  p-type,  transistor  n-type,
transistor  sebagai  complementary  switch.  Teori  transistor  MOS,
komponen  transistor  dalam VLSI,  polisilikon,  difusi,  logam aluminium
(zinc),  teknologi  pemrosesan  CMOS,  Design  Rule,  skala  lambda,
estimasi  terhadap  karakteristik  dan  kinerja  rangkaian,  penguatan
transistor. Disain  rangkaian  lojik CMOS,  disain gerbang  lojik, inverter,
NAND, NOR. Disain tata letak,  disain struktur dan pengujian, full custom
design,  semi  custom  design,  sistem  penempatan  simbolis,
programmable  logic array,  disain  subsistem  CMOS,  counter, shift
register, komparator, multiplier, studi kasus, beberapa disain rangkaian
fungsional, switchbox routing, modul proyek.
Praktikum: NOR, NAND gates, inverter, design full adder, 8 bit memory unit.
Proyek: Multiplier, shift registers, designing 4/8 bit butterfly processor.
Buku Ajar: N. Weiste & Kamran Eshraghian, “Principles of CMOS VLSI Design:
A perspective”, 2nd
 Eds, Addison Wesley 2002.

1 komentar:

claudiasitia mengatakan...

SITUS KAMI: WWW . GARNETQQ .

COM
BONUS SETIAP HARI :0.5% TO

SETIAP HARI JAM 12 PEMBAGIAN

BONUS NYA+referall 20% setiap

udang teman bermain tambah

20%+++

-CARA MASUK WEB
KE WWW . SMSQQ . COM LALU

MASUK DALAM PERMAIN
ATAU
LINK ALTERNATIVE ; garnetqq.com
silahkan di coba bosq :)
-CARA DAFTAR NEW MEMBER;
Nama :
No Telp :
Nama Bank :
Nama Rekening :
Nomor Rekening :
Email :
User Name :
Password :

-CONTOH DAFTAR
NAMA :SANTI WINATA
NO TLEPON : +85577773548
NAMA BANK : SANTI WINATA
NAMA REKENING: SANTI WINATA
NO REKENING : 123 456 777 912
EMAIL :SANTI

WINATA888@GMAIL.COM
USER NAME :SANTI WINATA45
PASSWORD :12314aaaa

-CARA DAFTAR CONTOH ;
NAMA; ASLINYA
NO TLP YG ASLI
NAMA BANK BLM DAFTAR

PERMAINAN KITA;
NAMA REKENING YG BENAR DI

BUKU BANK YG BELUM DAFTAR

PERMAINAN KAMI
NOMOR REKENING YG BELUM

DAFTAR PERMAINAN KAMI
EMAIL LENGKAP DAN YG BELUM

PERNAH DI DAFTARKAN

PERMAINAN KAMI
USER NAME YG BENAR DAFTAR

WARNA HIJAU
PASWORD HARUS BENAR
CHAND PASWORD PASWORD

HARUS SAMA

-CONTOH KESALAHAN MEMBER

SUSAH DAFTAR ;
1.SEASON EXPAYER=DAFTAR

HARUS CEPAT
2. KODE VALIDASI=KODE SALAH

NOMOR ULANG KEMBALI ,

KETIKNYA RESET KEMBALI
MASUK KODENYA
3. REKENING SUDAH

TERDAFTAR=CARA DAFTAR

REKING YG BELUM DAFTAR

PERMAIN
SITUS KAMI

-CARA DEPO/STOR DANA ;
MASUK WWW . SMSQQ . COM

PERMAINAN LALU LIAT BAGIAN

ATAS KIRI NAMANYA
STOR DANA
LALU KLIK AJA NOMINAL BOS

MAU KALAU BISA NO MINAL UNIK

YAH BOSKU
CONTOHNYA : 50123 ISI FORM

NYA 50123 JUGA YAH BOSKU BIAR

BANK ERROR BIAR
CEPET DI PROSES YAH BOSKU

PAKE NOMINAL UNIK SEPERTI ITU

YAH BOSKU^^
KALAU BANK ADA GANGGUAN

MINTA BUKTI TRASFER BIAR

CEPAT DI PROSES DEPO
MASUK YA BOSKU^^

-CARA WD /TARIK DANA ;
MASUK WWW . SMSQQ . COM

PERMAINAN LALU LIAT BAGIAN

ATAS KANAN NAMANYA
TARIK DANA
LALU KLIK AJA NOMINAL BOS

MAU DI TARIK CONTOHNYA :

DANA YANG DI TARIK
JADWAL BANK OFF LINE;
MANDIRI ; SENIN -JUMAT ; 22.45-

04.00 WIB
SABTU ;23.00-06.00 WIB
MINGGU ;23.00-05.00 WIB
DANAMON; SENIN-MINGGU TIDAK

ADA OFFLINE
BRI ; SENIN- MINGGU 22.20-04.30

WIB
BNI ; SENIN- MINGGU TIDAK ADA

OFFLINE
BCA ; SENIN-JUMAT ; 21.00-01.00

WIB
SABTU ; 22.00-23.15 WIB

- CARA REFERAL ;

silahkan bosq login terlebih dahulu

di akun nya bosq yha ..
setelah itu bosq bisa klik menu

Referensi yang ada di dalam akun

nya bosq yah ..
Lalu jika sudah di Klik akan

muncul Kode Refferal Anda (

Silahkan bosq isi sesuai dan
seunik mungkin untuk nama

refferal nya yha bosq )

Namun jika ada muncul keterangan

EXITS itu berarti kode tsb sudah

ada yang menggunakan
lebih dulu yha, jadi silahkan di

coba kembali sampai muncul

keterang OK yha bosq

Setelah itu jika kode refferal bosq

sudah selsai di buat maka akan

muncul URL untuk
mendaftarkan teman bosq
silahkan masukkan link yang

muncul ya bosq.

dan silahkan di sarankan teman

bosq pada saat ingin mendaftar

agar memasukkan kode
refferal bosq pada menu

pendaftaran nya yha bosq

Silahkan di coba yha bosq ^^.

- CARA DAPET BONUS REFERAL ;

BONUS REFERAL 20 %

jangan lupa ajak teman - temannya

untuk bermain di situs SMSQQ .

COM ya bos^^ karena
ada bonus Reff 20% yang berlaku

untuk selamanya bos^^
semakin banyak refferal nya dan

semakin aktive refferal nya maka

bonus yang akan bosq
dapatkan juga semakin besar bos^^

Posting Komentar